Menu

Tuesday, July 25, 2017

blog remidi t.i.k

Sarana dan Prasarana Desa


Fasilitas umum yang terdapat di Desa Legung Barat dapat dikatakan kurang memadai, sebab dari Sumber Daya Manusia yag masih begitu kurang akibatnya banyak potensi yang masih belum dimanfaatkan. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa sarana dan prasarana yang ada di Desa Legung Barat seperti sarana pendidikan dimana sarana pendidikan ini sangatlah penting untuk menunjang pendidikan bagi generasi muda yang ada di Desa Legung Barat sebab nantinya dapat tercapai sebuah kesejahteraan di Desa Legung Barat itu sendiri.
Di Desa Legung Barat sendiri fasilitas pendidikannya meliputi Sekolah Dasar/MI yang berjumlah 3 sekolah. Hal tersebut dikarenakan luas wilayah Desa Legung Barat itu sendiri yang cukuplah luas yang kemudian dibagi menjadi 5 Dusun yaitu dusun grubuk, dusun tekay, dusun manggeran, dusun Legung, dan dusun Bandang.
Gedung Sekolah Dasar tersebut cukuplah memadai. Kemudian Madrasah Sanawiyah (MTS) yang berjumlah 1, Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 1 yang mana hanya memiliki 3 kelas saja, kemudian Sekolah Menengah SLTA/MA yang berjumlah 2, salah satu Kondisi SLTA belum memadai, pasalnya di salah satu SLTA yang ada di Desa Legung Barat yaitu SMK aswaja belum mempunyai ruang kelas yang layak dimana ruang kelas tersebut berdiam di salah satu rumah warga. kemudian tempat atau gedung untuk pendidikan Play Group di Dusun Grubuk terdapat 1 sedangkan untuk TK juga 1. Selain itu di Desa Legung Barat juga mempunyai lapangan sepak bola.
Sarana dan prasarana yang lain yang ada di Desa Legung Barat yang belum memadai yaitu puskesmas, dimana puskesmas tersebut hanya ada di desa legung timuty. Di Desa Legung Barat hanya terdapat 1 unit pelayanan kesehatan yaitu polindes, dimana polindes tersebut juga dijadikan rumah oleh perawat atau bidan yang bertugas di polindes tersebut dengan keluarganya, sementara untuk pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sangat lumayan baik. Polindes tersebut buka selama 24 jam sehingga jika ada salah satu warga yang ingin memeriksa kesehatannya di polindes bisa kapan saja datang ke polindes tersebut.    

Selain fasilitas pendidikan, fasilitas umum lainnya yang belum memadai yaitu penerangan lampu di pinggir jalan. Dimana di sepanjang jalan menuju pasar legung, tidak ada penerangan lampu sehingga jalanan gelap. Selain itu, jalan menuju pantai juga tidak ada penerangan lampu sehingga membuat masyarakat dari luar Desa Legung Barat merasa takut.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »